Contoh Surat Jalan Pengiriman Barang (Ekspedisi Internal Atau External)

adsense 336x280
Untuk yang sehari hari bergelut dalam dunia pengiriman barang, baik perorangan maupun suatu badan usaha, tidak dapat dipisahkan atau lepas dari suatu sistem operasional pengiriman yang sesuai dengan prosedur umum, pada prosedur pengiriman tersebut, ada surat fisik yang dibutuhkan oleh pengirim barang, surat tersebut biasanya dikenal dengan nama surat jalan. Surat jalan ekpedisi tidak hanya berkaitan dengan jasa ekpedisi, akan tetapi berkaitan juga dengan ekpedisi internal perusahaan, dimana beberapa atau kebanyakan perusahaan biasanya memiliki armada ekpedisi tersendiri untuk rute dalam kota.

Apa itu Surat Jalan Ekspedisi ?

Surat jalan ekspedisi adalah suatu surat yang dikeluarkan oleh pengirim barang, dan kemudian surat tersebut digunakan pada saat barang telah sampai di penerima barang, si penerima barang melakukan proses cek terhadap kesesuaian barang yang diterima, baik dari sisi tipe barang maupun kuantitas barang.

Apa Saja Isi Data Dari Surat Jalan Ekspedisi ?

Surat jalan ekpedisi biasanya terdiri dari :

  1. Nomor Surat Jalan.
  2. Tanggal Terbit Surat Jalan.
  3. Nama Perorangan / Badan Usaha Penerima
  4. Alamat Penerima
  5. Tipe Barang Yang Dikirimkan
  6. Jumlah Barang Yang Dikirimkan.
  7. Keterangan (Sifatnya tambahan, jika dibutuhkan)

Cara Kerja Surat Jalan Ekspedisi

Untuk surat jalan ekspedisi perorangan atau internal perusahaan, berikut prosesnya :
  1. Surat jalan ditandatangani pengirim dan penerima barang pada saat barang diterima, jika diperlukan dapat menambahkan stempel resmi dari penerima dan pengirim barang.
  2. Biasanya surat jalan terdiri lebih dari satu rangkap, rangkap pertama dipegang oleh pengirim barang, kemudian rangkap kedua dipegang oleh penerima barang.
Sedangkan untuk surat jalan ekspedisi dari perusahaan penyedia jasa ekspedisi, berikut prosesnya :
  1. Surat jalan ditandatangani dan distempel, kemudian disertakan dengan barang yang dikirim, kemudian penerima memvalidasi dan menandatangani surat jalan tersebut (ditambahkan stempel jika dibutuhkan).
  2. Biasanya terdiri dari 3 rangkap, rangkap pertama dan kedua dipegang oleh perusahaan jasa ekspedisi, kemudian rangkap ketiga dipegang oleh penerima barang.
  3. Kemudian perusahaan jasa ekspedisi memberikan salah satu rangkap kepada si pengirim barang, sebagai tanda bahwa barang sudah diterima (namun ini tergantung dari masing masing penyedia jasa ekspedisi, karena untuk proses pengiriman barang dengan nominal yang tidak besar, hal ini dapat memakan waktu dan biaya, sehingga biasanya proses penyerahan bukti surat jalan hanya di sertakan jika proses pengiriman barang dikabarkan tidak diterimaatau mengalami masalah).

Contoh Surat Jalan Pengiriman Barang, Dari Ekspedisi Internal Perusahaan maupun Ekspedisi Eksternal

Berikut Contoh Surat Jalan ekspedisi yang akan dibagikan oleh caricontohsurat.com kali ini :



SURAT JALAN

Tanggal : 01 Desember 2018                                                           PT. XYZ
No Surat Jalan : DSJ0001                                                                Jl. Usaha Perintis No 3, Jakarta
                                                                                                         No Tlp : 08888888888

No. Nama Barang Qty
1. Pensil Merek ABBC 10 PCS
Total10 PCS

Keterangan :

                      Yang Menyerahkan                                                       Yang Menerima



                        Bpk Agus                                                                        Bpk Toni


Demikian contoh surat jalan pengirimaan barang ekspedisi yang dibagikan oleh caricontohsurat.com , semoga dapat membantu proses bisnis Anda dengan baik dan lancar, dokumentasikan dengan lengkap, agar dapat meminimalisir kesalahan atau kerugian yang tidak perlu terjadi.
adsense 336x280

0 Response to "Contoh Surat Jalan Pengiriman Barang (Ekspedisi Internal Atau External)"

Post a Comment